KARTEL
Kartel Adalah
persekutuan perusahaan-perusahaan dibawah suatu perjanjian untuk mencapai
tujuan tertentu. Dalam kartel identitas masing-masing perusahaan masih utuh dan
tetap berdiri sendiri. Bentuk-bentuk kartel adalah kartel daerah (pembagian
daerah pemasaran), kartel produksi (penentuan luas produksi), kartel kondisi
(pengaturan
syarat-syarat penjualan, penyerahan barang, pemberian diskon, dan sebagainya),
kartel pembagian laba (penentuan cara pembagian dan besarnya laba), dan kartel
harga (penentuan harga minimal).
Kartel dibagi
dalam beberapa bentuk :
a. Kartel
Kondisi / syarat
Perjanjian
dalam kartel jenis ini menekankan pada syarat-syarat penyerahan barang dan
pembayaran. Diluar perjanjian ini para anggota kartel bebas melakukan apa saja
dalam bidangnya masing-masing.
b. Kartel Harga
Perjanjian
dalam kartel ini menekankan pada pembatasan harga jual untuk produk yang
sama/sejenis. Para anggota kartel tidak diperkenankan menjual produk di bawah
harga yang telah ditetapkan.
c. Kartel
produksi
Perjanjian
dalam kartel ini menekankan pada pembatasan produksi masing-masing anggota,
biasanya ditetapkan atas dasar jumlah tertentu atau persentase tertentu dari
total produksi. Tujuan pembatasan produksi adalah mengatur jumlah produksi yang
beredar di pasar sehingga harga bisa dipertahankan pada suatu tingkat tertentu.
d. Kartel Daerah
Kartel daerah
berkaitan dengan perjanjian antara para anggota kartel untuk membagi daerah
pemasarannya, misalnya atas dasar wilayah tertentu atau atas dasar jenis barang
(biasanya akan terjadi spesialisasi)
e. Kartel
pembagian laba
Perjanjian
dalam kartel ini menyangkut cara pembagian laba untuk masing-masing anggota.
Laba yang diperoleh para anggota kartel terlebih dahulu disetorkan ke kas pusat
baru dibagikan kepada para anggotanya berdasarkan formula yang sudah ditetapkan
bersama.
Contoh
Organisasi Niaga Kartel :
Perusahaan
yang melakukan Kartel adalah PT Semen Indonesia (dulu PT Semen Gresik) , PT Holcim Indonesia dan PT indocement.
Mereka melakukan Kartel terhadap harga dari semen di Indonesia.
VISI dan MISI
PT Semen Indonesia
VISI
Menjadi
perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara
MISI
- Memproduksi, memperdagangkan
semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen
dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.
- Mewujudkan manajemen berstandar
internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan semangat
kebersamaan dan inovatif.
- Meningkatkan keunggulan bersaing
di domestic dan internasional.
- Memberdayakan dan mensinergikan
sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan nilai tambah secara
berkesinambungan.
- Memberikan kontribusi dalam
peningkatan para pemangku kepentingan (stakeholders).
0 komentar:
Posting Komentar